Memberi Informasi Wisata di Sampit

April 24, 2017

Ziarah Makam Syech Abu Hamid Sampit

sumber photo : beritasampit.co.id




Objek Wisata Religi

Berziarah ke makam wali-wali Allah sebagai seorang muslim yang beriman kepada Allah SWT, sudah sepatutnya kita lakukan untuk memohon safa'at para Wali Allah tersebut, dan bukan untuk mengkultuskan beliau.

Salah seorang buyut dari Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kalampayan yaitu Syech Haji Abu Hamid bin Syech Haji Muhammad As'ad Al-Banjari. Beliau bermakam di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit atau lebih tepatnya berada 2 km dari kawasan Wisata Ujung Pandaran Sampit.

Makam Syech Haji Abu Hamid bin Syech Haji Muhammad As'ad Al-Banjari ini biasa disebut Makam Keramat oleh penduduk setempat. Dan saat ini makam ini telah menjadi objek wisata religi.



Peran Pemerintah Daerah

Keseriusan Pemerintah Daerah mengembangkan potensi wisata daerah salah satunya adalah keberadaan makam datu Syech Haji Abu Hamid bin Syech Haji Muhammad As'ad Al-Banjari ini yang harus dimaksimalkan.

Makam ini dapat dikatakan sebagai salah satu cagar budaya yang harus dilestarikan, banyak para penziarah yang datang berkunjung kesini baik lokal maupun dari daerah lainnya, oleh karena itu sudah sepatut Pemerintah Daerah ikut campur untuk ikut melestarikan makam ini, seperti daerah-daerah lain yang sudah lebih dulu melestarikan makam para Wali Allah.

Lokasi Makam

Untuk mencapai lokasi makam dapat dilakukan dengan jalan darat atau menggunakan perahu yang berada sekitar dua kilometer dari Desa Ujung Pandaran.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar