Memberi Informasi Wisata di Sampit

Desember 09, 2016

Melihat Keindahan Danau Alam Salju

sumber photo : gendhiss.com



Asal Usul Danau Salju

Dari hasil pencarian kami di google maupun referensi lainnya tidak diketahui asal usul dari danau salju yang ada di Sampit ini, apakah merupakan danau buatan ataukah danau yang memang telah terbentuk karena proses Alam. Tetapi jika di terisik kebelakang sebelum dibangun jalan antara Sampit-Pangkalan Bun ini, daerah sekitar danau salju ini memang dataran rendah dan berpasir. Mungkin bisa disimpulkan bahwa danau salju ini adalah danau karena proses Alam.

Menyerupai Salju

sumber photo : gendhiss.com

Mengapa danau ini disebut Danau Salju?, karena memang danau ini hampir seluruhnya diselimuti oleh pasir putih yang halus menyerupai Salju. Disini terdapat dua danau besar dan beberapa danau kecil, danau-danau ini airnya terlihat seperti keruh kecoklatan atau berwarna kehijauan, padahal aslinya air didanau ini berwarna putih, hal ini disebabkan karena pengaruh struktur lahan gambut.



Tersedia Permainan Air

sumber photo : gendhiss.com

Jika anda ingin berkunjung ke danau salju ini bersama anak-anak, dan ketika ada disana anak-anak anda ingin bermain-main air di danau salju ini, anda dapat menyewa bebek air, atau menyewa perahu karet. atau jika anda ingin berenang tersedia juga tempat renang, disana anda bisa langsung terjun ke air, semua ini tersedia untuk anda yang berminat. Tetapi seandainyapun jika anda dan keluarga tidak berminat untuk bermain-main di air, maka anda dan keluarga bisa juga bersenang-senang duduk-duduk santai di kursi-kursi yang tersedia dipinggir danau sambil melihat keindahan danau alam salju ini.

Sepi Pengunjung

Ya, memang danau salju ini belum benar-benar terekspos dengan baik, bahkan warga Sampit sendiri banyak yang tidak mengetahui adanya danau salju ini, ada juga yang sudah mengetahuinya tapi belum pernah ketempat ini. Pemerintah kota Sampit sendiri sepertinya masih belum ikut turun tangan untuk mengelola lokasi danau salju ini, terlihat jelas dengan banyaknya fasiltas yang tidak terawat bahkan seperti dibiarkan begitu saja. Hal ini sangat disayangkan jika tidak ada ikut campur-tangan Pemerintah kota Sampit untuk menghidupkan tempat wisata danau salju ini. Pengunjung yang datang ke danau salju ini dapat dihitung dengan jari, itu artinya minat untuk berkunjung ke tempat ini masih kurang.

Lokasi

Nah, bagi anda yang berminat ingin menuju ke lokasi danau salju ini, anda bisa memulainya dari Bundaran Polres Kotim menuju ke arah Pangkalan Bun, jalan terus, tepat pada Km.6 anda berhenti, sesampainya anda disini, anda akan melihat papan petunjuk arah untuk menuju ke lokasi danau salju. Ikuti saja petunjuk arah tersebut, anda pasti akan sampai ke lokasi danau salju dimaksud.


Share:

1 komentar: